Simbol Kesetiaan, Batu Pipisan ini ada di Pojok Literasi Kota Probolinggo

Probolinggo – Ada beberapa benda bersejarah yang sengaja di pajang seperti, alat penggiling jagung yang terbuat dari batu, miniatur stupa Candi Borobudur, berikut patungnya.

Ada juga mesin ketik manual, telepon umum, perangko kuno, serta bedil binatang (Burung).

Tempat itu diberi nama Pojok Literasi Arkeolog yang berlokasi di Jalan Cempaka RT 2 RW 3 , Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan.

Dikelola oleh Edi Martono (54) juga selaku pembina pojok literasi kota Probolinggo.

Ada benda yang menarik yang terbuat dari batu yang disebut batu pipisan Batu pipisan merupakan peralatan untuk menghaluskan biji-bijian, ramuan tumbuhan atau untuk menghaluskan oksida besi yang digunakan sebagai zat perwarna.

Cara penggunaannya adalah benda yang akan di haluskan diletakkan pada batu pipisan, kemudian digiling dengan batu giling yang digunakan secara horisontal.

Batu pipisan sendiri sudah di kenal sejak jaman prasejarah dan masih digunakan sampai sekarang. Batu pipisan mempunyai filosofi dimana gandik atau batu pasangan untuk menumbuk (ulek-ulek) hanya untuk digunakan satu batu pipisan tidak boleh digunakan ke batu lainnya.

“Batu pipisan salah satu bagian batuan purba, batu pipisan mempunyai arti menghaluskan yang digunakan bumbu dan bahan lainnya

Namun batu pipisan ini digunakan harus ada gandik khusus, jadi gandik itu tidak bisa digunakan di batu lainnya, batu ini ditemukan di sekitar pantai mayangan saat melakukan pengerukan sungai,” ujar Edi Martono.***

Leave a Reply

%d bloggers like this: