5 Kota di Indonesia Ini Menjadi Kota Mati Dulunya Rame

PROBOLINGGO – Tak berpenghuni sunyi, dan cukup tenang begitulah gambaran kota mati ini sebelum ditinggal penduduknya beberapa kota berikut ini dulunya sangat ramai.

Berikut sejarah 5 kota ini hingga dijuluki kota mati tak punya penghuni satu orang pun.

1. Marina City, kota yang dulunya hidup kini tak bernyawa lagi begitulah gambaran untuk tempat yang terletak di Tanjung Riau, Sekupang Batam ini Marina City namanya dulu tempat ini merupakan persinggahan para ekspatriat yang berasal dari Malaysia dan Singapura.

Bukan hanya itu saja kota yang dipenuhi dengan bangunan megah berarsitektur Eropa ini merupakan las vegasnya Indonesia, karena menjadi surganya para penjudi di masa itu, akan tetapi pada saat kepemimpinan SBY praktek perjudian berhasil ditangani salah satunya marinasity yang membuat kota ini perlahan ditinggalkan dan menjadi kota yang tak berpenghuni.

Semak belukar, cat bangunan yang mulai terkelupas hingga suasana yang teramat Hening menjadi pemandangan biasa di kota ini, meskipun beberapa bangunan di kota ini masih digunakan sebagai penginapan orang asing mengingat marinasi terletak persis di pesisir pantai.

2 Dusun Babakan, berlokasi di kecamatan ciniru kabupaten Kuningan Jawa Barat Dusun Babakan sendiri secara administrasi berada di wilayah desa binara yang memiliki jumlah penduduk mencapai 500k dengan 1.500 jiwa.

Desa yang ramai berubah seketika setelah pada tahun 2018 pergerakan tanah dan bencana tanah longsor menimpa pemukiman warga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan akhirnya semua warga di sana termasuk warga Dusun Babakan dipindahkan kedua Desa yaitu desa ciniru, dan desa cijemit.

Hingga sampai saat ini para penduduk Dusun Babakan tidak ada yang kembali dan membuat Dusun Babakan kosong tak berpenghuni ini. Bangunan yang mulai keropos bagian atap yang mulai hancur termakan usia membuat suasana di Dusun ini semakin mencekam.

3 Dusun ngengkreng, mungkin bagi sebagian orang tahu dengan dusun enggreng dusun yang berlokasi di Desa Sumbersari Kecamatan megaluh Kabupaten Jombang Jawa Timur ini kosong sepenuhnya pada 1985.

Saat itu 3 rumah terakhir yang tinggal di sana memutuskan hijrah ke dusun 11 kemungkinan besar alasan kepindahan para warga, karena ingin memiliki lingkungan tetangga yang lebih luas tapi di sisi lain para warga juga tak menampik isu mistis yang menghantui Dusun tersebut.

Seperti mendengar auman harimau hingga melihat penampakan makhluk halus bahkan saat datang atau melewati Dusun tersebut, harus memberi salam ataupun membunyikan klakson saat anda belok karena tak sedikit pengendara yang disesatkan dan jatuh ke areal persawahan.

4 Desa puntingan, sebelum benar-benar tak berpenduduk desa yang berada di desa delimas Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang ini sempat dihuni 7 kepala keluarga.

Menurut rumor yang beredar selain karena akses jalan yang sulit eksistensi makhluk gaib di desa ini, juga cukup kuat sehingga para penduduk meninggalkan desa puntingan dan membuat Desa ini sepi layaknya sebuah desa mati pada umumnya Selain itu ada mitos yang menyebut kalau jumlah warga di desa tersebut tidak boleh bertambah.

Jika ada penduduk baru Maka satu keluarga akan berkurang karena meninggal atau pindah ke tempat lain Tak hanya itu saja jika penduduk desa bertambah maka para warga akan diteror oleh makhluk halus cerita-cerita yang beredar ditambah dengan pemandangan senyap.

Desa puntingan membuat Desa ini memiliki Aura yang berbeda terutama pada malam hari

5, Kampung mati Vietnam saat mendengar namanya Mungkin orang mengira kalau Kampung ini terdapat di Vietnam tapi nyatanya Kampung ini terletak di Kramat Jati Jakarta Timur.

Dimana awalnya Kampung ini sempat menjadi tempat pengungsian orang Vietnam pada tahun 70 hingga 80 awal selang beberapa lama tempat ini berganti menjadi panti jompo hingga pada 2002 bencana banjir membuat para penghuni Panti diungsikan ke tempat lain dan membuat Kampung Vietnam menjadi tak berpenghuni.

Singkatnya pada 2022 lalu Kampung ini ternyata masih dihuni 13 Kakak di mana sebagian rumah di sana sudah hancur dan hanya tersisa puing-puing saja Tapi dibalik fakta tersebut Desa ini rupanya menyimpan Sisi gaib yang cukup kental.

Kabarnya para warga sering melihat penampakan makhluk tak kasat mata semacam kuntilanak bahkan karena keangkerannya para driver ojek dan taksi online saja tak berani masuk ke kampung ini itu saja 5 kota dan desa mati yang terdapat di Indonesia.***

Exit mobile version