Berita  

PT KTI Berikan Bibit Sengon Gratis untuk Dukung Kesejahteraan Masyarakat

PROBOLINGGO– PT Kutai Timber Indonesia, salah satu perusahaan pengolah kayu di Indonesia telah meluncurkan program inisiatif dalam mengolah lahan tidur yang ada di Desa Palangbesi melalui skema penciptaan hutan area sosial berbasis sengon yang telah memiliki sertifikat Forest Stewardship Council (FSC) dan dikelola secara mandiri oleh masyarakat.

Sengon, adalah salah satu jenis pohon kayu yang populer di Indonesia karena pertumbuhannya yang cepat dan kegunaan yang luas. Kayu sengon digunakan dalam berbagai industri, termasuk konstruksi, perabotan, dan kerajinan kayu. PT Kutai Timber Indonesia telah lama memanfaatkan sumber daya alam ini dalam produksi mereka dan ingin memastikan bahwa sumber daya ini dikelola secara berkelanjutan.

Dalam program ini, PT Kutai Timber Indonesia berkolaborasi dengan pemerintah setempat dan KSU Bromo Mandiri untuk mendistribusikan bibit sengon gratis kepada masyarakat. Bibit-bibit ini diberikan kepada petani, kelompok tani, dan masyarakat. Melalui pelatihan dan dukungan teknis, perusahaan berusaha memastikan bahwa pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik dan sehat.

Salah satu keunggulan program ini adalah skema yang terintegrasi dimana masyarakat mendapat jaminan pembelian kayu oleh PT Kutai Timber Indonesia ketika pohon-pohon tersebut sudah siap panen. Hal ini memberikan insentif ekonomi bagi masyarakat setempat untuk merawat pohon sengon mereka dengan baik. Adanya program ini juga merupakan yang pertama kali dan satu – satunya di sektor perkayuan nasional.

Arbie Suwandana, selaku Ketua Unit Corporate Social Responsibility mengatakan, “Kami percaya bahwa keberlanjutan adalah kunci untuk masa depan industri kami. Melalui program ini, kami berharap dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan kami dan masyarakat setempat. Kami ingin memastikan bahwa pohon sengon dikelola dengan baik dan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan kepada mereka.

“Program ini telah mendapatkan sambutan positif dari masyarakat setempat. Banyak petani dan kelompok tani yang telah bergabung dalam program ini dan sedang aktif merawat kebun sengon mereka. Ini tidak hanya memberikan peluang ekonomi tambahan, tetapi juga membantu menjaga lingkungan dengan cara yang berkelanjutan.

Inisiatif PT Kutai Timber Indonesia ini adalah contoh nyata bagaimana perusahaan dapat berkontribusi positif pada masyarakat sekitar dan alam. Program ini mendukung pelestarian hutan sengon yang berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Semoga inisiatif semacam ini terus menyebar dan memberikan inspirasi bagi perusahaan lain untuk mengadopsi pendekatan yang serupa dalam upaya menjaga lingkungan dan mendukung masyarakat.

Exit mobile version