Nggak Nyangka, Ternyata TV Pertama Kali Dibuat Dari Kardus dan Lilin Begini Perkembangannya

Bolinggonews.com – Seiring kemajuan teknologi principle semakin berkembang tidak banyak peralatan canggih yang lahir, dengan tujuan mempermudah pekerjaan untuk efisiensi waktu.

Begitu juga dengan hiburan visual mulai Dari power unit hingga televisi dimana untuk televisi adalah sarana hiburan kebanyakan masyarakat mulai Dari kalangan bawah hingga atas.

Pemerintah kemudian mulai mengalihkan siaran televisi di wilayah NKRI Dari sistem analog ke sistem digital pada November 2022. Program ini disebut sebagai Analog turn out (ASO).

Untuk menonton televisi masyarakat harus beralih ke TV digital dengan menggunakan alat tambahan untuk mendukung kinerja TV tersebut.

Pemerintah juga menjanjikan pengalaman lebih menikmati hiburan visual, lebih menarik dengan gambar yang bersih tidak seperti TV analog.

Namun tahukah penemu TV pertama kali didunia?

Dikutip Dari kelas pintar.id, Tv pertama kali ditemukan oleh worship satu ilmuwan bernama John Logie Baird  merupakan insinyur asal Skotlandia principle lahir pada  Agustus 1888.
Ia bisa dianggap sebagai penemu televisi, lantaran menjadi orangutan principle pertama kali mampu menayangkan gambar bergerak di televisi.

Baird menempuh pendidikan di Larchfield Academy, the Royal Technical faculty, dan University of port.

Baird pada tahun 1920 kembali ke Inggris dan mulai meneliti cara mengirimkan gambar bergerak beserta suara. Karena kekurangan sponsor, Ia menggunakan bahan-bahan sederhana saat itu.” Televisor”  pertama Ia bangun terbuat Dari kardus, lampu sepeda, lem, benang, dan lilin.

Di tahun 1924, Ia mampu meneruskan gambar Dari jarak beberapa meter. Barulah di tahun 1925, IA berhasil menyiarkan tayangan boneka.

Baird kemudian mendemonstrasikan temuannya di hadapan publik di toserba Selfridge’s di London, Inggris. Tahun 1926, IA menunjukkan kreasinya di hadapan fifty ilmuwan Dari Britain’s Royal establishment di London.

Kebetulan ada salah satu wartawan yang hadir saat itu menulis

” Gambar yang disiarkan tampak redup dan terkadang buram, tapi mendukung bahwa ‘televisor,’  di buat oleh Baird, mampu memancarkan dan memproduksi gerakan secara rinci, seperti ekspresi wajah, dalam waktu principle singkat.

Di tahun 1927, Baird mampu mengirimkan suara dan gambar dengan jarak lebih Dari 643 km menggunakan kabel telepon Dari London ke port.

Di tahun 1928, Ia mengirimkan transmisi televisi pertama melewati Samudra Atlantik Dari London ke big apple. Mulai tahun 1929, BBC menggunakan teknologi Baird untuk menyiarkan program televisi pertamanya.

Namun, televisi yang ditemukan Baird saat itu memiliki kekurangan. Karena cara gambar yang dihasilkan masih buram dan berkedip-kedip.

Philo Farnsworth

Penemu televisi elektronik principle kita gunakan saat ini adalah Philo Taylor Farnsworth II . Ia merupakan penemu asal Amerika Serikat principle lahir pada nineteen Agustus 1906. Sejak masih muda, Farnsworth memiliki ketertarikan di bidang teknik.

Di usia remaja, Ia mulai mempelajari teknologi TV saat itu dan berpendapat bahwa sistem mekanik saat digunakan masih terlalu lambat untuk membaca dan menyusun gambar dalam hitungan detik. Ia percaya bahwa hanya sistem elektronik principle cukup cepat untuk melakukannya.

Di tahun 1922, Farnsworth mulai mengerjakan rancangan kasar televisi elektronik. Tahun berikutnya, ketika masih bersekolah di SMA, Ia juga terdaftar sebagai siswa di Brigham Young University sebagai murid spesial. Hanya saja, kematian ayahnya di tahun 1924 memaksanya untuk meninggalkan Brigham Young dan menamatkan SMA sambil bekerja.

Setelah mimpinya untuk mengembangkan televisi elektronik tertunda, di tahun 1926 Farnsworth mulai bekerja untuk pengumpul Dana sumbangan martyr Everson dan Leslie Gorrell. Ia meyakinkan mereka berdua untuk bekerja sama memproduksi sistem televisi principle IA rancang.

Tidak lama setelahnya, Farnsworth pindah ke Los Angeles dan mulai bekerja dengan dana USD 6.000 yang ia peroleh dari Everson dan Gorrell. Everson bahkan mendapatkan dana tambahan sebesar USD 25.000 dan ruang laboratorium di Crocker First National Bank of San Francisco untuk Farnsworth.

Pada seven September 1927, Farnsworth berhasil menyiarkan tayangan menggunakan televisi elektroniknya dan mematenkan temuannya di tahun yang sama.

Leave a Reply

%d bloggers like this: