Berita  

Rukmini Buchori Hadiri Acara Pagelaran Seni Budaya Kota Probolinggo di TMII Jakarta

Probolinggo- Mantan Walikota ibu Rukmini hadiri acara pagelaran seni dan budaya serta pameran UMKM di anjungan Jawa Timur Taman mini Indonesia Indah(TMII) di Jakarta, (13/9/22).

Pagelaran bertajuk Bot-abote Katresnan (Besarnya Rasa Cinta) berlangsung meriah yang menampilkan kelompok Panji Laras sanggar seni ludruk dan tarian kota Probolinggo. Mereka menampilkan kesenian ludruk dengan mengangkat cerita dua orang yaitu Kasiadi dan Mulyadi yang berambisi mengembangkan kesenian jaran bodag.

Dalam cerita itu keduanya bersaing hingga melarang putra-putri mereka saling jatuh cinta satu sama lain, namun pada akhirnya kedua putra putrinya mampu meluluhkan kedua orangtuanya yang beselisih, dengan syarat kedua putra-putrinya harus bisa mengembangkan kesenian jaran bodag.

Muji Rahayu ketua sanggar seni Panji Laras menerangkan bahwasannya cerita yang berjudul bot-abote Katresnan yang ditampilkan mempunyai arti, bahwasannya generasi muda bisa mencintai dan melestarikan budaya yang ada di daerahnya.

Sala
Salah satu tarian ditampilkan dari sanggar seni Panji Laras kota Probolinggo.

” Kami juga berterimakasih kepada pemerintah kota, bisa memberikan kesempatan pada kami untuk tampil Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta, semoga anak-anak sanggar ini bisa lebih semangat lagi melestarikan budaya asli daerahnya yaitu kota Probolinggo,” harapnya.

Sementara mantan walikota kota Probolinggo ibu Rukmini yang kebetulan hadir mengaku senang bisa melihat langsung acara pagelaran seni

” Kebetulan saya dijakarta ada acara juga, setelah mengetahui ada pertunjukan seni dari kota Probolinggo saya langsung ke TMII, beruntung masih digelar pertunjukannya dikarenakan sempat terjebak macet pas mo ke lokasi tadi,” terangnya.

Ibu Rukmini juga berharap kesenian kota Probolinggo terus berkembang dan dilestarikan, terutama generasi muda di era milenial ini harus lebih garcep lagi mempromosikan seni budaya yang ada di Kota Probolinggo,” ungkapnya.

Acara itu dihadiri Sekda Kota Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati beserta sejumlah PD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Yakni, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dispopar, DKUPP, DPKPP, Dikominfo, Bappeda Litbang dan Camat se-Kota Probolinggo. Dihelat pada tanggal 13-14 September 2022, pagelaran seni budaya tersebut juga dipersembahkan untuk memperingati Hari Jadi ke 663 Kota Probolinggo. (Hunter)

Leave a Reply

%d bloggers like this: