Berita  

Kontes Tambulampot Anggur Meramaikan Semipro 2024

PROBOLINGGO, bolinggotv.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) ini merupakan upaya semarakkan Semipro 2024 menggelar kontes bonsai dan anggur tambulapot anggur.

Acara ini sekaligus memperingati Hari Krida ke-52 yang dirangkai dengan pelatihan penanganan pasca panen tanaman hortikultura.

Digelar selama dua hari, mulai tanggal 3-4 Juli 2024, kegiatan diikuti oleh 51 kontestan tabulampot anggur yang berasal dari petani lokal Probolinggo. Sedangkan kontes bonsai ada 87 koleksi yang ditampilkan.

Penjabat Wali Kota Nurkholis secara resmi membuka kegiatan pada Rabu (3/7). Dalam sambutannya, pria yang hobi selam ini menyinggung tentang berbagai upaya yang dilakukan untuk menguatkan ikon Kota Bayuangga.

Termasuk mengembangkan potensi anggur sebagai produk unggulan Kota Probolinggo.

“Jika waktu itu sudah dilakukan penanaman ribuan pohon mangga, maka kali ini juga digalakkan tanaman anggur agar kembali disukai dan ditanam oleh masyarakat. Kontes ini merupakan rangkaian Semipro, mendukung ketahanan pangan sekaligus upaya menekan inflasi.

Ada stan yang menjual hasil pertanian, sayur dan buah dengan harga yang jauh lebih murah,” urai Nurkholis usai meninjau stan pameran hasil pertanian.

Hal senada juga diungkapkan Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto. Menurutnya, upaya Pemkot menguatkan ikon kota serta mendukung ketahanan pangan, selaras dengan program TNI. Karena itu ia juga getol dalam penanaman anggur dan mendukung pelaksanaan kontes semacam ini.

Pada kesempatan itu, Nurkholis didampingi Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto, beserta Sekda Ninik Ira Wibawati, menyematkan tanda favorit bagi peserta kontes. Hadir pula Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wawan Soegyantono, Staf Ahli Slamet Suwantoro, dan kepala perangkat daerah terkait.

Nurkholis sengaja memberikan tanda favorit pada salah satu bonsai nomor 74, yang gaya dan desainnya memiliki estetika termasuk karakter batang yang terlihat dari umur bonsai.

Sedangkan Dandim 0820 Heri Budiasto dan Sekda Ninik Ira Wibawati menyematkan tanda favorit pada tabulampot anggur milik Harto Buwono.

Selain kontes tabulampot anggur dan kontes bonsai, juga digelar pameran potensi produk unggulan pertanian dan olahan hasil pertanian. Perwakilan dari masing-masing gapoktan di kecamatan se kota itu berlomba untuk meraih juara.

Semua pemenang kontes akan diumumkan Kamis besok (4/7) dengan dewan juri dari internal Pemkot dan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jestro.

Adapun masyarakat yang tertarik menanam anggur bisa mengunjungi stand coaching clinic. Karena di stand ini melayani konsultasi budidaya anggur persembahan komunitas pembudidaya anggur Probolinggo (Kopling).

Leave a Reply

%d bloggers like this: