Berita  

Pemkot Probolinggo Percantik Bekas Tempat Pembuangan Sampah

PROBOLINGGO,bolinggonews.com –Pemerintah kota menggelar penghijauan dengan menanam 44 bibit tabebuya sekaligus membangun taman di lokasi bekas Tempat Penampungan Sementara (TPS) Kedopok Jalan Mahakam.

Agenda ini terwujud atas kolaborasi pemkot melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama dengan Institut Ahmad Dahlan (IAD) Probolinggo dalam rangka Gerakan Satu Juta Pohon.

Pada kesempatan tersebut, kembali Penjabat Wali Kota Nurkholis menegaskan bahwa program penananan pohon ini merupakan upaya pemkot untuk sedekah kepada alam. Agar lingkungan menjadi lebih hijau dan kaya oksigen.

“Ini bagian dari sodakoh kita untuk menjadikan Probolinggo menjadi lebih ijo royo-royo dan menjadikan lingkungan kita kaya akan oksigen,” terang Penjabat Nurkholis

Ke depan Nurkholis memiliki keinginan, jika bibit tabebuya sudah tumbuh subur, nantinya di sela antar pohon bisa dibangun cafe ramah lingkungan. ”Dengan tabebuya, mungkin nanti kalau sudah berbunga, itu di sela-selanya dijadikan cafe-cafe baru, Cafe Ramah Lingkungan,’’ harap Penjabat penghobi tanaman itu.

Diketahui, TPS Kedopok sebelumnya merupakan tempat pembuangan sampah bersifat sementara. Di Oktober 2022 dilakukan penutupan karena pesatnya pembangunan perumahan di kawasan tersebut.

Untuk itu, DLH sebgai dinas pengampu melakukan revitalisasi TPS Kedopok menjadi taman kota agar tampak asri dan indah.

Di sela kegiatan, Rektor IAD Benny Prasetya mengatakan tentang kolaborasi penghijauan dan pembuatan taman bersama pemkot ini selaras dengan visi institutnya menjadi Green Campus.

Selain itu juga bermanfaat untuk memperindah akses menuju kampus yang berada di wilayah selatan Kota Probolinggo itu.

Kebetulan ini memang ada di wilayah Jalan Mahakam akses masuk dari Institut Ahmad Dahlan Probolinggo, kami mengapresiasi sangat luar biasa kepada pemkot karena harapan kami di pintu masuk ini ada suasana yang cukup baik bagi warga Kota Probolinggo untuk lebih mengenalkan wilayah Kedopok,” terang Rektor Benny.

Hadir bersama dalam agenda penanaman diantaranya asisten, kepala DLH, Camat Kedopok, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta mitra lingkungan hidup. Usai agenda penananman, berlanjut dengan kunjungan ke Kampus IAD Probolinggo.

Leave a Reply

%d bloggers like this: