20 Kota di Indonesia yang Mempunyai Julukan Unik

PROBOLINGGO – Indonesia terdiri dari ratusan kota yang tersebar dari ujung barat sampai timur.

Setiap kota memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing Keunikan-keunikan tersebut menciptakan julukan tersendiri untuk kota-kota di Indonesia, dan julukan-julukan tersebut penuh makna dan sejarah.

Berikut 20 julukan unik kota-kota di Indonesia, sarat makna dan sejarah.

SURABAYA-KOTA PAHLAWAN

Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan untuk mengenang peristiwa bersejarah 10 November 1945 Saat itu, arek-arek Suroboyo berjuang sangat keras untuk melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia.

Sehingga, Presiden RI pertama Soekarno menobatkan Surabaya sebagai Kota Pahlawan pada tahun 1950

BANDUNG-KOTA KEMBANG

Bandung disebut kota kembang karena banyak bunga yang tumbuh subur dengan warna-warna indah Seperti ada kebun Begonia Lembang, Taman Bunga Lembang Cihideung, Kampoeng tulip, Taman Pustaka Bunga, Rumah Bunga Rizal, dan masih banyak lagi.

JAKARTA-KOTA METROPOLITAN

Sebagai ibu kota, Jakarta menjadi pusat kepadatan populasi, industri, perdagangan, dan pemerintahan. Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi juga menjadikannya mendapat julukan kota metropolitan.

MALANG-KOTA APEL

Salah satu kota penghasil apel terbesar di Indonesia, malang dijuluki sebagai Kota Apel. Kadang juga disebut sebagai Kota Wisata karena banyak tempat wisata unik di sini, apalagi lokasinya dekat dengan kota Batu yang punya destinasi lebih banyak lagi.

MAKASSAR-KOTA DAENG

Sebelum berganti nama menjadi Makassar pada tahun 1999, kota ini dulunya bernama Ujung Pandang.

Sebagai ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar termausk kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Oleh karena itu, Makassar juga dijuluki sebagai kota metropolitan dari Timur.

Nggak hanya itu, Makassar juga dijuluki kota Daeng, karena masyarakat di sini menggunakan kata Daeng untuk berinteraksi, terutama saat memanggil orang tua atau yang dituakan.

MEDAN-KOTA MELAYU DELI

Pada zaman dulu, terdapat Kesultanan Deli di Medan yang berkuasa hingga perang dunia II berkahir.

Kesultanan Deli masih ada sampai sekrang, tetapi tidak berkuasa seperti dulu Oleh karena itu, Medan disebut sebagai Melayu Deli dengan nilai historis yang kuat.

YOGYAKARTA-KOTA PELAJAR

Yogyakarta disebut sebagai Kota Pelajar karena memiliki perguruan tinggi dan wisata edukasi yang sangat banyak. Pada tahun 2017, terdapat sekitar 40 perguruan tinggi yang telah terakreditasi.

PADANG-KOTA TERCINTA

Kota tercinta merupakan julukan buat Kota Padang, karena keindahan alamnya yang bisa membuat semua orang jatuh cinta. Keindahan kotanya yang dikelilingi perbukitan dan langsung menghadap Samudera Hindia menjadi alasan utama mengapa orang bisa jatuh cinta dnegan alamnya.

PALEMBANG-KOTA PEMPEK

Palembang disebut sebagai Kota Pempek karena makanan paling terkenal di wilayah ini adalah Pempek. Biasanya pempek disajikan dengan kuah berwarna kecokelatan yang disebut cuko.

DENPASAR-KOTA PARIJS VAN BALLY

Sebutan untuk Kota Denpasar ini telah melekat sejak zaman penjajahan Belanda yang memiliki arti Parisnya Bali.

Hal ini disebabkan karena Denpasar merupakan pusat perbelanjaan dari beragam pakaian baik tradisional maupun modern.

Alasan lainnya, Denpasar juga memiliki menara layaknya di Paris yaitu Bajra Sandhi.

MANADO-KOTA TINUTUAN

Tidak jauh berbeda dengan Palembang, sebutan untuk Manado sendiri berdasarkan kuliner khasnya yaitu Tinutuan. Bubur khas Manado ini adalah campuran dari beragam sayuran tanpa tambahan daging apapun. Biasanya, Tinutuan menjadi menu sarapan.

SABANG-KOTA SERIBU BENTENG

Julukan Kota Seribu Benteng muncul karena banyaknya benteng peninggalan Jepang di Sabang. Ketika perang dunia II, Jepang sempat menjadikan Sabang sebagai pelabuhan militer untuk menghalau musuh.

Maka dari itu, Jepang membangun ribuan benteng dan bungker yang masih ada sampai sekarang.

KUPANG-KOTA KASIH

Kupang mendapat julukan Kota Kasih karena tingkat toleransinya yang cukup tinggi. Masyarakat antar umat beragama di Kupang hidup berdampingan tanpa membeda-bedakan. Maka dari itu, muncul sebutan Kota Kasih untuk menghargai kekeluargaan antar agama di Kupang.

BANYUWANGI-THE SUNRISE OF JAVA

Banyuwnagi terletak di ujung timur Pulau Jawa, sehingga memiliki spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Saat matahari terbit, perpaduan warna biru dengan jingga di Banyuwnagi memberikan pemandnagan yang susah dilupakan,

Nggak heran, kalau akhirnya Banyuwangi mendapatkan julukan The Sunrise of Java.

TANJUNG PINANG-KOTA GURINDAM

Asal-usul sebutan Kota Gurindam muncul karena Tanjung Pinang sebagai tempat lahirnya Gurindam 12 dan Bustanil Katibin milik Raja Ali Haji Kedua karya tersebut sebagai awal mula terciptanya bahasa Melayu modern yang saat ini menjadi bahasa Indonesia.

Hal ini menyebabkan kota di Kepulauan Riau tersebut memiliki julukan Kota Gurindam.

AMBON-KOTA MANISE

Ambon mendapatkan julukan kota manise yang berarti cantik dan indah.
Keindahan alamnya yang berlimpah membuat Ambon layak mendapat julukan tersebut Beberapa tempat wisata cantik ada di Ambon diantaranya Pantai Pintu Kota, Natsepa, Liang, dan masih banyak lagi.

BANDA ACEH-KOTA SERAMBI MEKKAH

Banda Aceh disebut Kota Serambi Mekkah karena Islam masuk pertama kali di Indoensia melalui kota ini. Selain itu, Banda Aceh pernah menjadi pelabuhan yang digunakan semua warga Indonesia untuk berangkat haji.

Masyarakat Banda Aceh sendiri terkenal memegang teguh syariat islam dan diterapkan di kehidupan sehari-hari, hingga dijadikan pedoman aturan hukum.

KAIMANA-KOTA SENJA

Alasan utama Kaimana diberikan julukan Kota Senja karena kamu bisa menikmati sunset yang luar biasa indah di sini. Tanpa menggunakan aplikasi editing foto, kamu bisa mendapatkan sunset terbaik dengan gradasi warna yang akan membuat kamu takjub.

PONTIANAK-KOTA KHATULISTIWA

Pontianak disebut sebagai kota Khatulistiwa karena dilewati garis lintang nol derajat alias garis Khatulistiwa. Di kota ini, terdapat Tugu Khatulitsiwa yang menjadi tonggak garis khatulistiwa. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, matahari akan muncul tepat di atas kepala.

BALIKPAPAN-KOTA MINYAK

Balikpapan disebut sebagai Kota Minyak karena menjadi salah satu penghasil minyak terbesar di Indonesia. Terdapat pula tempat pengolahan dan pengumpulan minyak di Balikpapan.

Banyak perusahaan yang membangun kilang minyak di Balikpapan, karena kekayaan minyaknya yang melimpah ruah. Itulah 20 julukan unik kota-kota di Indonesia.***

Leave a Reply

%d bloggers like this: