Berita  

Luncurkan Pilkada 2024, KPU Hadirkan Penyanyi Suliyana

Penyanyi Suliyana saat mengisi acara KPU

 

 

PROBOLINGGO,Bolinggonews.com – Bertempat di Alun- alun kota Probolinggo, acara yang digelar megah itu dihadiri langsung oleh Pj Walikota Probolinggo juga turut dihadiri oleh berbagai pejabat penting.

Termasuk perwakilan dari KPU Provinsi Jatim, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU Kota Probolinggo, Bawaslu, serta pimpinan partai politik (parpol) di kota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Nurkholis mengapresiasi tahapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kota Probolinggo berlangsung aman dan damai.

Sebelum memulai sambutan Pj Walikota sempat mengatakan, warga kota Probolinggo sebetulnya bukan butuh pidato melainkan hiburan, maka dari itu hanya memberikan sambutan secara singkat.

Ia juga menegaskan, acara ini berlangsung berkat dukungan penuh dari pihak keamanan TNI/Polri, support yang luar biasa dari Pemerintah Kota Probolinggo, serta koordinasi dan kerjasama yang baik oleh partai politik peserta Pemilu serta para calon anggota legislatif.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Probolinggo. 86,7 persen tingkat partisipasi dalam Pilpres dan Pileg yang lalu. Mudah-mudahan ke depan saat pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur semakin lebih banyak lagi,” ujarnya.

Peluncuran tahapan malam ini menjadi tonggak dimulainya tahapan Pilkada. Nurkholis berharap kompetisi lima tahunan ini akan diwarnai dengan adu gagasan antar calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, bukan hanya sekedar adu pencitraan diri.

Sehingga tahapan dan kegiatan Pilkada ke depan dapat berjalan dengan lancar, sukses, aman dan kondusif.

“Ketua dan anggota KPU Kota Probolinggo periode 2019-2024 akan purna sebentar lagi, tinggal 2 hari lagi. Terima kasih telah memberikan warna positif, dan warisan yang baik selama menjadi komisioner.

Semoga pengabdian ini dapat diteruskan untuk menyukseskan Pilkada kedepan,” ucapnya.

Sementara, Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri mengungkapkan 178.502 pemilih di Kota Probolinggo telah membuktikan diri sebagai warga yang cerdas dan berkualitas dengan ikut berkontribusi aktif dalam Pilpres dan Pileg 2024 yang lalu. Ia berharap akan terjadi pada Pilkada di bulan November mendatang.

“Ini akan menjadi tantangan bagi kita warga masyarakat Kota Probolinggo untuk tetap menjaga kekondusifan, kecerdasan mental dan intelektual serta rasional dalam mengikuti kontestasi politik dan demokrasi.

Utamanya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo bersama-sama dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” terangnya.

Lebih lanjut, jika tahun 2018 lalu angka partisipasi masyarakat Kota Probolinggo yang menggunakan hak pilihnya sebesar 79 persen, tentu harapannya di Pilkada 2024 mendatang akan melebihi setidaknya dari target nasional sebesar 77 persen.

Pada Pilpres dan Pileg kemarin angka partisipasi masyarakat Kota Probolinggo 86 persen, harapannya di Pilkada 2024 ini selain melampaui target nasional, setidaknya juga melampaui prestasi kontribusi positif warga Kota Probolinggo pada Pilkada yang akan datang.

Hudri juga mengatakan, warga Kota Probolinggo memiliki potensi yang besar untuk berkembang, dan turut serta di dalam membangun demokrasi yang sehat.

“Pilkada 2024 ini, semoga masyarakat Kota Probolinggo tetap menjaga kekondusifan, kedamaian dan kerukunan sebagaimana yang ditunjukkan pada Pilkada 2018, Pemilu 2019 dan Pemilu 2024 ini,” pungkasnya.

Acara peluncuran tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo 2024 ditutup dengan penampilan artis Suliyana, Vinoqi Entertainment dan seni musik tradisional Da’ul Lake’ untuk menghibur masyarakat Kota Probolinggo.

Leave a Reply

%d bloggers like this: