Cegah Stunting, Emak Emak dilatih memasak Makanan Tambahan

Pelatihan pembuatan Dimsum

Bolinggonews.com – Kelurahan Jrebeng Lor Pokmas Karya Sejahtera menggelar pelatihan dasar pengolahan makanan dan minuman yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kuliner warga setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah warga, termasuk para ibu rumah tangga, Ibu PKK dan Kader Posyandu, yang antusias untuk belajar dan berinovasi dalam dunia kuliner. (06/06/2024)

Ketua Pokmas Karya Sejahtera, dalam sambutannya, menekankan pentingnya kegiatan ini. Ia menyampaikan bahwa hasil dari pelatihan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dalam memasak. Dengan demikian, mereka dapat menciptakan masakan yang menarik bagi anak-anak, sehingga asupan makanan yang higienis dan kaya gizi bisa terpenuhi.

Hal ini merupakan langkah strategis dalam mengurangi angka stunting di Kelurahan Jrebeng Lor.

“Outpun kegiatan dalam olahan ini bisa berkreasi dalam masakan untuk menambah daya makan anak agar dapat asupan yang higenis dan kaya akan gizi, untuk mengurangi stunting di kelurahan jrebeng lor.” Ucap Ririn

Pelatihan ini difokuskan pada dua jenis produk kuliner, yaitu makanan Dimsum berbahan dasar ikan dan minuman anggur yang diproduksi dari Kampung Anggur setempat. Pemilihan Dimsum ikan bukan tanpa alasan; ikan merupakan sumber protein yang sangat baik dan memiliki kandungan omega-3 yang penting untuk perkembangan otak anak.

Selain itu, Dimsum juga digemari oleh berbagai kalangan usia, sehingga diharapkan dapat menambah daya tarik anak-anak terhadap makanan sehat.

Di sisi lain, pembuatan minuman anggur menunjukkan potensi lokal yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Proses produksi minuman ini tidak hanya memberikan nilai tambah ekonomi, tetapi juga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat Jrebeng Lor.

Minuman anggur ini diharapkan menjadi produk unggulan yang tidak hanya dikonsumsi sendiri, tetapi juga bisa dipasarkan lebih luas.

Selama pelatihan, para peserta mendapatkan panduan langsung dari ibu Erna pengusaha Dimsum Omah Mak Wek. Mereka diajarkan mulai dari pemilihan bahan baku yang berkualitas, teknik pengolahan yang tepat, hingga cara penyajian yang menarik.

Tidak hanya itu, peserta juga diberikan pengetahuan tentang pentingnya kebersihan dan higienitas dalam proses pengolahan makanan dan minuman.

Melalui pelatihan ini, Pokmas Karya Sejahtera berharap dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Kelurahan Jrebeng Lor. Masyarakat tidak hanya semakin terampil dalam mengolah makanan dan minuman, tetapi juga semakin sadar akan pentingnya gizi dalam setiap sajian.

Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta generasi yang lebih sehat dan bebas dari masalah stunting.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi daerah lain untuk melakukan inisiatif serupa, sehingga peningkatan kualitas hidup masyarakat dapat tercapai secara merata.

Pokmas Karya Sejahtera berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong inovasi-inovasi lokal demi kesejahteraan bersama. (don)

Leave a Reply

%d bloggers like this: