7 Kota Santri yang Dikenal di Indonesia

Bolinggonews.com- Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam maka banyak pondok pesantren, yang berdiri di Indonesia hampir setiap daerah memiliki pondok pesantren tempat menimba ilmu.

Ada beberapa daerah bahkan, dijuluki dengan kota santri sesuai dengan namanya deretan kota-kota ini menjadi rumah bagi banyak pondok pesantren dimana para santri menuntut ilmu agama Islam.

Selain itu, kota kota santri juga menawarkan destinasi wisata religi yang cukup menarik untuk dikulik mulai dari masjid yang megah, hingga kawasan pondok pesantren yang terasa sejuk dan damai.

Berikut 7 kota santri di Indonesia

1. Kendal

Terletak di provinsi Jawa Tengah Kendal sudah lama mengemban status sebagai Kota Santri Teladan di Indonesia, khususnya di Kecamatan Kaliwungu di kota ini tersebar puluhan pesantren yang memiliki ribuan santri di dalamnya, bahkan rata-rata kecamatan di Kendal memiliki minimal 10 pondok pesantren.

2. Jember

Jember adalah salah satu kota di Jawa Timur yang juga mendapat julukan sebagai kota santri, pondok pesantren banyak tersebar hingga ke pelosok desa

Santri yang menuntut ilmu berasal dari banyak daerah di Indonesia salah satu yang terkenal adalah Ponpes al-qodiri yang juga menjadi salah satu destinasi wisata religi Wali Songo.

Selain pondok pesantren pendidikan Islam di kota yang juga mendapat predikat kota tembakau ini, juga berkembang pesat salah satunya Sekolah Tinggi dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember sejumlah pendidikan Islam berbasis penghafal al-quran di kota ini juga banyak diminati para santri dari luar kota.

3. Martapura

Kita mulai dari kota di luar pulau Jawa yang mendapat predikat sebagai Kota Santri yakni Kota Martapura ,selain disebut sebagai Kota Santri Martapura yang terletak cuman Selatan ini ternyata juga disebut sebagai Serambi Mekkah. Kota santri yang masuk dalam Kabupaten Banjar ini, memiliki banyak sekali pondok pesantren yang bagus dan juga modern salah satunya pondok pesantren Darussalam Martapura.

4 Gresik

Gresik menjadi destinasi wisata religi favorit ini karena Gresik menjadi rumah bagi makam dua Tokoh penyebar agama Islam paling, Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim kota ini pun memiliki banyak pondok pesantren yang cukup berpengaruh

Banyaknya Pesantren Dan juga Taman Pendidikan al-qur’an membuat Gresik menjadi kota yang religius terdapat salah satu budaya religius di Gresik yang sudah sejak lama diikuti masyarakat sekitarnya, yaitu pendidikan al-qur’an yang harus dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan.

5. Situbondo

Bagi sebagian besar traveler Situbondo merupakan kota sehingga yang cukup nyaman, namun bagi masyarakatnya kota yang berada di Jawa Timur ini adalah kota santri yang kedamaian. di kota inilah berdiri salah satu Pesantren paling berpengaruh di Indonesia Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo pondok pesantren ini pun dianggap yang pertama mengenalkan pembelajaran klasikal seperti Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah Aliyah.

6. Sukabumi

Lokasinya cukup dekat dijangkau dari Jakarta dan Bogor membuat Sukabumi menjadi kota santri yang strategis, kehadiran Tugu Asmaul Husna.

Ditengah kota seakan mengokohkan status Sukabumi sebagai salah satu kota santri Teladan di Indonesia, bahkan sejak berdiri pun Sukabumi memiliki banyak pondok pesantren dengan masyarakatnya yang menuntut ilmu sebagai santri. Salah satu destinasi religi yang wajib kamu kunjungi saat main ke Sukabumi adalah makam Karomah Kramat Jaya.

7. Bireuen

Bireuen merupakan salah satu kabupaten yang ada di Aceh daerah ini mempunyai pesantren di Aceh terbanyak dengan jumlah santri mencapai 50 hingga 1000 orang.

Hampir rata-rata kecamatan di Bireuen mempunyai Pesantren salah satunya adalah pondok pesantren Mudi Mesra yang terletak di Samalanga, yang sangat terkenal di Aceh bahkan di luar Aceh yang sudah banyak melahirkan ulama-ulama di Aceh.

Sekian sekilas tentang daerah-daerah di Indonesia, yang dijuluki kota santri karena banyaknya thalabah thalabah yang menimba ilmu di kota tersebut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: